3 Hal Yang Membuat Mesin Isuzu Rusak | Sewa Elf Jakarta

Isuzu Elf merupakan sebuah kendaraan yang mengusung konsep  sebuah body mobil microbus dengan ukuran kabin dan bagian dalam yang sangat luas. Terdapat dua varian dari mobil Isuzu Elf ini yakni short chassis dan long chassis. Untuk short chassis sendiri spesifikasi panjang mobil mencapai 4.5 m dan lebar 1.6 m serta tinggi 2.1 m. Hal ini menjadikan ruangan bagian dalam kabin mobil sangat luas.

Mobil ini memiliki kapasitas penampungan sebanyak 16 kursi dilengkapi dengan kabin dan bagasi yang cukup luas. terdapat 4 pintu masuk yang memudahkan para penumpang untuk masuk ke dalam mobil tanpa perlu desak-desakkan. Desain dari mobil yang satu ini cukup elegan pasalnya mobil ini memiliki desain interior Isuzu Elf dan eksterior yang terbilang modern.

Alasaan mengapa mobil ini begitu laris di Indonesia dikarenakan banyak pengusaha-pengusaha yang memanfaatkan mobil ini karena dikenal tangguh dan biaya perawatannya yang terbilang irit. Menjamurnya bisnis travel di beberapa kota besar membuat mobil ini semakin laris dan hingga kini sudah menjadi salah satu pilihan sarana transportasi dikala musim mudik lebaran yang bersaing dengan angkutan lain seperti bus.

Mobil yang memiliki konsep mini bus ini dibekali dengan perfoma yang tangguh serta handal dalam setiap kondisi. Dibekali dengan mesin 4JB1-TC dengan kapasitas 2.771cc membuat tenaga yang dihasilkan mobil ini menjadi lebih besar yakni mencapai 100 PS. Namun setangguh apapun Isuzu Elf jika pemakaiannya diluar kewajaran, mesinnya pun akan jebol juga. Sewa Elf Jakarta merupakan salah satu penyedia jasa sewa mobil travel yang menggunakan Isuzu Elf sebagai armadanya dan berikut adalah sedikit pengalaman hal yang dapat merusak mesin Isuzu Elf menururt Sewa Elf Jakarta.

Radiator Jebol

Pemandangan yang sering kamu lihat di pinggir jalan tol adalah mobil dengan kap mesin terbuka dan ceceran air di jalan. Itu akibat dari radiator yang jebol atau rusak. Radiator merupakan salah satu komponen yang cukup penting pada mobil karena fungsinya sebagai pendingin mesin. Pada saat mesin bekerja suhunya naik, maka radiator akan mendinginkannya agar tidak terjadi overheat. Apabila radiatornya rusak, pasti mesin menjadi panas dan di temperatur tertentu akan mati. Banyak hal yang menyebabkan radiator Jebol, salah satunya adalah kerusakan pada kipas radiator.

Tidak bekerjanya kipas radiator rusak bisa terjadi karena switch otomatis tidak nyala, atau dynamo kipas yang mati dan menyebabkan panas mesin tidak bisa didinginkan. Retaknya upper tank/lower tank radiator yang terbuat dari kuningan atau plastik juga menghentikan kerja radiator karena bocor. Selain itu air radiator yang habis juga dapat membuat mobil Isuzu kamu menjadi panas lalu membuat mesin mati. Maka dari itu, minimal seminggu sekali diusahakan untuk selalu mengecek volume air radiator baik pada radioator atau pun reservoir tank.

Kelistrikan Mobil

Penyebab lainnya dari mesin tiba-tiba mati adalah sistem kelistrikan mobil terganggu. Biasanya karena arus listrik yang menuju koil tidak lancar atau putus. Arus listrik dibutuhkan untuk menciptakan bunga api pada ruang bakar untuk membakar campuran udara dan bahan bakar minyak. Jika sistem kelistrikannya mati maka tidak ada pengapian dan mobil pun mogok.

Sistem kelistrikan mobil ditopang oleh kabel-kabel dan juga aki. Biasanya ketika mobil mogok yang pertama ditangani adalah menggoyang-goyangkan kabel busi atau kabel koil dan juga kabel di saluran aki. Untuk itu pastikan sering mengencek kabel-kabel baik pada saluran ke busi, koil atau pun aki sebelum berpergian. Karena tidak sedikit kejadian mobil mogok karena hal sepele yaitu baut pengencang kabel aki kendor.

Pastikan juga aki mobil dalan keadaan optimal. Bila menggunakan aki biasa, seringlah mengecek ketinggian air aki jangan sampai habis dan jika menggunakan aki kering harap menulis tanggal pembelian akinya karena umur aki maksimal 1,5 hingga 2 tahun saja.

Suplai Bahan Bakar Tidak Ada

Sudah pasti jika tidak ada bahan bakar yang mengalir ke ruang mesin maka tidak ada tenaga juga di mobil kamu. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tidak adanya suplay bahan bakar yang menuju mesin, salah satu nya yaitu indikator bbm di dashboard rusak atau error . Sehingga kamu merasa bahan bakar di tangki masih ada padahal sebenarnya sudah habis.

Filter bahan bakar yang kotor juga bisa mengganggu kelancaran aliran bahan bakar. Karena bahan bakar kadang membawa kotoran dan akhirnya mengendap. Ketika bahan bakar menipis kotoran itu terbawa dan tertahan di filter. Lama kelamaan tumpukan kotoran filter akan menutup jalannya aliran bahan bakar dan mesin pun berhenti bekerja.

Untuk informasi seputar reservasi, layanan dan varian armada Sewa Elf Jakarta, anda bisa mengunjungi website kami di www.elfpariwisatajakarta.com.