5 Tips Persiapan Untuk Pendaki Pemula | Sewa Elf Jakarta

Kini banyak anak muda yang mulai menekuni hobi naik gunung. Tapi sebelum mencoba untuk mendaki, ada banyak persiapan yang perlu dilakukan bagi para pendaki pemula. Hal tersebut diperlukan demi keamanan dan keselamatan pada pendaki selama menjelajahi alam. Kegiatan ini memang dapat memberikan efek relaksasi dan meredakan stress sehingga bisa membuat kita lebih bahagia. Agar dampak positif tersebut tak terganggu oleh risiko yang ada ketika mendaki, catat dan perhatikan berbagai persiapan yang diperlukan sebelum mendaki ini. Beriku ini Sewa Elf Jakarta telah rangkum persiapan untuk melakukan pendakian.

Mencari Lokasi Yang Tepat

Pilihlah lokasi dengan jalur pendakian yang sesuai dengan kemampuan Anda. Kenali terlebih dulu jalur pendakian dari lokasi yang Anda pilih dengan bertanya atau membaca ulasan pendakian. Selain itu pertimbangkan waktu yang dibutuhkan untuk mendaki. Untuk latihan, Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan area tempat tinggal Anda dan bisa ditempuh beberapa jam saja. Sehingga Anda tidak perlu membawa tenda, baju ganti, ataupun beban lainnya.

Cari tahu data tentang gunung, jalur pendakiannya, seperti apa lingkungan dan budayanya. Jangan kemudian mengandalkan teman yang sudah sering naik gunung. Ini untuk menghindari hal yang tak diinginkan. Seperti kalau seandainya terpisah dengan rombongan, perlengkapan yang diperlukan juga ada di tasmu,” tukas Rika yang kepada Metrotvnews.com pada acara Indonesia Outdoor Festival (Indofest) 2017 di Jakarta Convention Center, belum lama ini.

 Persiapan fisik

Mendaki gunung membutuhkan fisik yang prima. Ini karena tubuh bisa membakar energi yang bukan main besarnya selama mendaki kurang lebih 8 jam di area ekstrem. Selain itu, olahraga ini juga menyimpan berbagai risiko kesehatan yang wajib Anda waspadai, mulai dari hipotermia, mountain sickness, hingga edema paru. Semua risiko ini bisa terjadi pada siapa saja, baik pendaki ulung maupun pemula. Sebab ketika Anda naik ke ketinggian lebih dari 2 ribu meter di atas permukaan laut, tubuh Anda harus dapat menyesuaikan diri dengan jumlah oksigen yang makin menipis.

Untuk menjamin kebugaran fisik Anda menjelang hari naik gunung, Anda perlu membangun keseimbangan, fleksibilitas, serta kekuatan pada kaki dan otot punggung Anda untuk dapat melewati jalur dakian. Olahraga juga dapat membantu Anda untuk menguatkan punggung dan bahu untuk membawa tas ransel gunung yang berat totalnya bisa mencapai 18 kilogram.

Pastikan tim siap

Anda harus memastikan tim Anda siapa saja dan bagaimana sepak terjangnya. Anda juga harus solid dengan rekan satu tim, jangan sampai terpisah dari rombongan. Adakan beberapa kali pertemuan atau komunikasi agar terjalin chemistry.  Disarankan bagi pemula yang ingin naik gunung mengajak rekan yang telah terbiasa naik gunung dan mengetahui medan atau bisa menyewa jasa tour guide lokal.

Kabari jadwal pendakian

Ini mungkin terkadang hal sepele dan secara teori tidak berhubungan langsung saat pendakian namun ada baiknya kamu memberi kabar kepada orang tua/saudara soal kegiatan pendakian kamu. Luangkan waktu sebelum berangkat untuk menjelaskan rincian rencana perjalanan Anda. Hal ini penting sebagai antisipasi jika ada sesuatu yang mungkin terjadi dalam perjalanan.

Bawa barang yang perlu saja

Tidak peduli lokasi, waktu, atau tingkat kesulitan pendakian, Anda harus selalu membawa barang-barang ini dalam perjalanan Anda: Peta dan kompas atau GPS, Kotak P3K, Filter air, Tabir surya dan lotion anti serangga, Pisau serbaguna, Kabel nilon, Senter (senter genggam atau senter kepala) plus batere cadangan, Korek api/pemantik api, Cadangan makanan disesuaikan dengan lama waktu pendakian,  Pakaian cadangan,  Tempat berlindung (tenda/kantung tidur), Alas kaki yang tepat untuk mendaki (sepatu atau sendal gunung) dan Identitas diri; salinan itinerari perjalanan; uang tunai secukupnya.

Ini adalah peralatan standar yang disarankan untuk anda melakukan pendakian. Didalam pendakian kamu harus bersiap dengan segala kondisi. Maka dari itu persiapkan barang bawaain yang sesuai yntuk kebutuhan bertahan hidup di alam.

Satu lagi yang cukup penting dalam mendaki gunung adalah menjaga stamina selama perjalanan menuju pos pendakian. Sebisa mungkin jangan memaksa melakukan perjalanan dengan berkendara sendiri, pastikan kamu menggunakan transportasi umum agar selama perjalanan kamu bisa menghemat tenaga untuk pendakian nantinya.  Sewa Elf Jakarta adalah sebuah penyedia jasa penyewaan mobil travel, dengan layanan antar-jemput. Dengan begitu kamu bisa menghemat tenaga selama perjalanna, kelebihan lainnya kamu bisa membawa banyak barang dan jumlah rombongan hingga 15 orang. Kunjungi segera webite kami di www.elfpariwisatajakarta.com untuk informasi lebih lanjut.