Harga Sewa Elf – Wisata Ke Curug Nangka

Berlibur bisa kamu lakukan baik dengan berjalan-jalan di kota atau wisata alam. Tentu setiap orang memiliki preferensinya masing-masing. Bagi kamu yang suka berwisata di alam terbuka, kamu bisa menjadikan gunung, pantai, atau air terjun sebagai referensi tujuan wisatamu. Nah, pada ulasan kali ini Harga Sewa Elf akan mengajak kamu untuk berwisata ke curug yang cukup indah dan masih sangat asri di wilayah kaki gunung salak.

Bagi suka yang  suka menikmati suasana air terjun, kamu dapat berkunjung ke lokasi wisata air terjun Curug Nangka. Air terjun ini memiliki daya tarik memiliki tiga bagian yang masing-masingnya mempunyai ketinggian 10 meter hingga 20 meter yang lebih tinggi dibanding dengan air terjun lainnya yang sudah diketahui di dalam kawasan Taman Nasional Halimun Gunung Salak. Di lokasi ini juga terdapat area berkemah yang dekat dengan aliran air yang jernih dan bersih yang berasal dari air terjun.

Nama Nangka diambil dari dikarenakan banyaknya pepohonan nangka yang tumbuh di sekitar air terjun. Menurut cerita, konon dahulu di dekat air terjun ini terdapat pohon nangka yang buahnya tidak pernah habis. Cerita tersebut menyebar dan pendahulu kemudian menamakan air terjun ini dengan sebutan Curug Nangka.

Curug Nangka berada di sekitar kaki Gunung Salak sehingga udara di curug ini terasa sejuk seperti di pegunungan. Air terjun ini terletak di ketinggian 750 mdpl dengan suhu rata-rata 22 hingga 24 derajat celsius. Dengan udara yang sejuk dan tempat yang tenang, air terjun ini cocok untuk kamu yang ingin mengistirahakan telingamu dari bisingnya kota.

Pesona Curug Nangka

Pohon pinus yang berjajar di sepanjang jalan menuju air terjun membuat udara di sekitar menjadi sejuk dan nyaman. Pemandangan area pesawahan dan pegunungan juga menambah keasrian udara di sekitar jalan setapak. Jadi kamu bisa berjalan sambil menghirup udara bersih yang ada.

Untuk menuju curug kamu harus menyusuri sungai sepanjang kurang lebih 50 meter dengan kedalaman setinggi betis orang dewasa dan aliran yang tenang. Sesampainya disana kesegaran airnya, suara deburan air terjun, dan vegetasi yang tumbuh di sekitar air terjun akan membayar rasa lelahmu setelah trekking. Mengistirahatkan tubuh dan pikiranmu di dekat air terjun Curug Nangka juga bisa membuatmu lupa akan rutinitas yang melelahkan.

Pada bagian bawah air terjun terdapat cekungan air yang bisa dipakai untuk mandi. Pada beberapa bagian sungai pun terdapat kolam-kolam yang juga biasa digunakan oleh pengunjung untuk berwisata. Bagi kamu yang ingin mencoba untuk mendapatkan pengalaman unik menghabiskan malam di tempat dengan suasana alami yang dihiasi dengan suara gemerisik air, kamu dapat menggunakan area camping ground yang berjarak tidak jauh dari Curug Nangka.

Fasilitas

Curug Nangka memiliki sarana yang sangat lengkap. Dimulai dari keberadaan penginapan yang terletak di pintu masuk wisata, hingga warung-warung wisata yang menjajakan berbagai souvenir dan makanan. Fasilitas toilet juga tersedia dengan jumlah yang sangat memandai.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiketnya cukup murah. Kamu hanya harus membayar sebesar Rp 7.500 di loket pertama dan Rp 15.000 rupiah di loket kedua. Kemudian Rp 150.000 bagi wisatawan asing.

Lokasi

Curug Nangka merupakan bagian dari wilayah Gunung Salak II, SPTN Wilayah II Bogor. Secara administratif pemerintahan, wilayah ini termasuk ke dalam Desa Sukajadi dan Gunung Malang, Kecamatan Ciapus Kabupaten Bogor. Dari arah kota Bogor, kamu dapat mencapai lokasi ini melalui Ciapus, dengan lama perjalanan sekitar 45 menit dan kondisi jalan yang relatif baik. Terdapat papan petunjuk arah yang cukup lengkap di sepanjang perjalanan ke Curug Nangka. Lokasi wisata Curug Nangka dapat dengan mudah dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Transportasi

Untuk kamu yang naik transportasi umum tak perlu khawatir karena rute yang akan kamu lalui sangat umum. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum sebagai transportasi menuju lokasi Curug Nangka. Kamu bisa bertanya ke warga sekitar atau menyewa kendaraan umum yang biasa digunakan untuk ke tempat wisata ini.

Dari terminal Ramayana Bogor, lalu carilah kendaraan dengan jurusan Bogor – Ciapus. Setelah itu, kamu harus turun di pertigaan terakhir sebelum pintu gerbang masuk Curug Nangka. Kamu harus berjalan kaki menuju gerbangnya. Jarak dari pertigaan menuju gerbang masuk Curug Nangka sekitar 700 meter.

Unruk kamu yang dari luar daerah Bogor, dan tidak ingin repot memikirkan transportasi, kamu bisa menggunakan transportasi sewa mobil travel dari Elf Jakarta Pariwisata. Keuntungannya adalah selain harga sewa elf murah, kamu akan di jemput dari rumah sampai ke lokasi. Untuk detail harga dan berbagai informasi seputar layanan, silahkan kunjungi website kami di www.elfpariwisatajakarta.com.