Mata Air Taman Batu Purwakarta – Harga Sewa Elf

Kabupaten Purwakata, Jawa Barat menawarkan banyak destinasi wisata menarik. Salah satunya adalah Taman Cijanun. Kawasan wisata itu disebut-sebut merupakan paling besar di Purwakarta. Taman Wisata Cijanun ada mata air yang letaknya di kawasan Gunung Burangrang, Kampung Cijanun dan Lembang Sari Desa Cipendeuy, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Jawa Barat. Taman yang berada di di Kecamatan Bojong ini cocok buat Anda yang hobi berenang tanpa campuran bahan kimia di airnya. Karena di kolam ini sumber airnya berasal dari mata air pegunungan.

Mata air di sini sangat jernih. Kedalamannya 3 meter. Kolam tersebut dimanfaatkan untuk kebutuhan penduduk sekitar. Kolam itu berada di area hijau dihiasi pepohonan sekitarnya. Untuk pengunjung anak-anak atau kamu yang tidak pandai berenang jangan khawatir. Kamu bisa menuju ke kolam nomor dua, atau kolam tingkat dua. Kedalaman kolam ini hanya kurang lebih 50cm. ada mata air yang jernih, di sana juga banyak bebatuan besar yang masih alami. Tempat tersebut layak disebut stone garden.

Buat kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata Mata Air Taman Batu Cijanun, berikut ini Harga Sewa Elf telah merangkum beberapa informasi untuk menambah literasi kamu sebelum berkunjung kesana.

Tentang Mata Air

Destinasi wisata Taman Batu menawarkan kolam mata air asli dari pegunungan. Kamu bersama keluarga bisa berenang sambil menikmati pemandangan alam yang asri. Suasananya yang sejuk khas pedesaan, menambah kenyamanan Anda selama berada di sana. Kolam taman Batu dibuat dengan cara membendung sumber mata air Cijanun yang keluar dari bawah pepohonan di lokasi sekitar. Kamu bisa memilih ke dalaman kolam yang dipercantik dengan bebatuan alam asli. Taman Batu Cijanun memiliki lahan seluas sekitar 5.000 meter persegi. Pihak pengelola berencana terus mengembangkan fasilitas lain, seperti penginapan atau menambah kolam renang lagi.

Mata air tersebut dahulu dimanfaatkan oleh PDAM sebagai sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Namun, entah mengapa PDAM kemudian menghentikan proyeknya dan air yang sudah ditampung dalam sebuah wadah tersebut kemudian digunakan sebagai kolam pemandian sekarang ini. Yang saat ini dikenal dengan nama Taman Batu Purwakarta, yang kemudian dibuka untuk umum sekitar tahun 2016 silam. Pemberian nama tersebut didasarkan pada banyaknya bebatuan yang tersebar di sekitar kolam, dengan ukuran yang beragam.

Tiket Masuk dan Jam Oprasi

Untuk bisa menikmati kejernihan air di Taman Batu Purwakarta ini, kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 20.000 per orang. Untuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp10.000 untuk mobil dan Rp5000 untuk motor.

Jam operasional Taman Batu Purwakarta dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 Sedangkan untuk hari Kamis dan Jum’at tutup.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di lokasi wisata Taman Batu Purwakarta sudah memadai, hal tersebut ditandai dengan tersedianya: Area parkir mobil dan motor yang luas,  Kamar bilas, Loker penyimpanan barang, Toilet, Ruang ganti pakaian , Gazebo, Penyewaan ban, Penginapan. Di sekitar lokasi juga terdapat warung minimalis dan berbagai foot cont menyediakan beragam makanan ringan termasuk kuliner khas masyarakat pedesan seperti nasi liwet dan ikan bakar.

Lokasi dan Rute

Lokasi Taman Batu Purwakarta berada tak jauh dari pusat kota Purwakarta, tepatnya berada di Jl. Cijanun, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Jawa Barat. Rute menuju Taman Batu Purwakarta dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan saja dari pusat kota Purwakarta. Jalurnya pun dapat dilalui oleh kendaraan mobil maupun motor. Kamu dapat mengarahkan kendaraan menuju Situs Wanayasa kemudian terus lurus ke arah Bojong. Dari Pasar Bojong terus s aja lurus hingga tiba di kantor Polisi Bojong. Belok kanan ketika berada di pertigaan jalan. Kemudian belok kanan kembali di pertigaan jalan dekat SD Cipeundeuy, untuk kemudian terus lurus hingga berada di area tempat wisata Taman Batu.

Kamu menggunakan kendaraan mobil, akan diarahkan menuju lokasi parkir yang sudah disediakan. Jaraknya lumayan jauh sehingga tak sedikit wisatawan yang menggunakan jasa ojeg untuk menuju lokasi. Dengan membayar sekitar Rp. 5.000,- per motor, lalu melanjutkannya dengan berjalan kaki sekitar 5 menit menuju loket masuk. Namun, untuk kamu yang menggunakan kendaraan roda dua, kamu dapat langsung memakirkan kendaraan di depan loket masuk Taman Batu Purwakarta.

Transportasi

Untuk transportasi menuju lokasi ada cukup banyak pilihan dari mulai angkot, micro bus ataupun penyedia carter. Elf Jakarta Pariwisata adalah salah satu jasa penyewaan mobil travel yang cukup terkenal dan terpercaya di Jakarta. Memiliki kantor cabang yang tersebar diseluruh wilayah JABODETABEK.  Untuk kamu yang berasal dari luar daerah Purwakarta, kamu bisa mengganakan layanan mobil travel dari kami. Keuntungannya adalah selain harga sewa elf murah, kamu akan di jemput dari rumah sampai ke lokasi. Untuk detail harga dan berbagai informasi seputar layanan, silahkan kunjungi website kami di www.elfpariwisatajakarta.com.