Rekomedasi 6 Gunung Untuk Pendaki Pemula | Sewa Elf Jakarta

Alasan banyak orang suka melakukan pendakian adalah untuk sejenak merefresh pikiran,  menyaksikan panorama matahari terbit langsung dari puncak gunung, memandang hamparan lautan awan putih. Namun untuk menaklukan sebuah gunung perlu persiapan yang matang, dari mulai fisik maupun budget. Terkadang kita harus menaklukkan jalur pendakian yang tidak mudah dan tergolong sulit untuk dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman dalam hiking.

Untuk kamu pendaki pemula yang ingin merasakan keindahan panorama dari puncak perbukitan tinggi ini,  gunung-gunung yang ramah didaki untuk para pemula bisa jadi pilihan yang paling tepat untuk melatih fisikmu. Berikut ini Sewa Elf Jakarta sudah merangkum 6 rekomendasi gunung untuk para pendaki pemula.

Gunung Andong, Jawa Tengah

Gunung Andong yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Dengan jalur pendakiannya yang mudah dan dilengkapi dengan sejumlah papan petunjuk, kamu tidak perlu takut tersesat di gunung berketinggian 1.762 mdpl ini. Walaupun tidak terlalu tinggi, kamu tetap bisa mendapatkan pemandangan yang menawan dan bisa melihat langsung view ke Gunung Merbabu. Gunung ini bisa dijadikan sebagai sarana latihan kamu menaklukan pendakian gunung yang lebih tinggi lainnya.

Gunung Prau, Jawa Tengah

Masih disekitanan Jawa Tengah, ada satu lagi gunung yang sangat cocok untuk pendaki pemula, Gunung Prau. Terletak di Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di Desa Patak Banteng, puncak Gunung Prau menawarkan hamparan lautan awan yang sudah siap untuk memanjakan mata dan menenangkan pikiran kita. Gunung yang tingginya mencapai 2.565 mdpl ini juga bisa menjadi tempat yang tepat bagi kamu yang ingin melihat cantiknya golden sunrise. Selain menikmati awan-awan cantik dari puncak Prau, kamu juga bisa melihat pemandangan puncak Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi dan Merbabu dari kejauhan. Hanya dengan pendakian selama kurang lebih 3 jam, kamu sudah bisa menginjakkan kaki di puncak Prau dan menikmati keindahan salah satu gunung dengan puncak terluas di Indonesia ini.

Gunung Gede, Jawa Barat

Jika ingin melihat keindahan hamparan padang bunga edelweis, Gunung Gede bisa jadi salah satu rekomendasi terbaik. Terletak di Bogor, Jawa Barat, gunung yang masih termasuk bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini sangat cocok untuk pendaki pemula maupun yang sudah berpengalaman. Untuk kamu yang masih pemula, bisa mendaki gunung berketinggian 2.958 mdpl ini melalui jalur Cibodas yang medannya tidak terlalu terjal dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam. Selain padang edelweis, selama perjalanan mata kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun Cibereum, menikmati hangatnya sumber air panas, hingga telaga. Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, Gunung Gede sangat cocok untuk melepas kepenatan saat weekend. Untuk menuju ke sana, kamu bisa naik kereta api dengan tujuan Stasiun Bogor, lalu naik angkutan kota ke terminal Barangsiang untuk kemudian disambung dengan angkot menuju Cibodas.

Gunung Papandayan, Jawa Barat

Terletak di Garut, Jawa Barat, Gunung Papandayan menyimpan aneka pesona yang sudah siap untuk memanjakan para pecinta alam. Selama perjalanan menuju puncak gunung berketinggian 2.265 ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan kawah-kawah belerang seperti Kawah Baru, Kawah Manuk, Kawah Mas, dan Kawah Nangklak. Perjalanan menuju puncak yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam ini dijamin tidak akan membuat kamu bosan

Gunung Ijen, Jawa Timur

Anda pasti sudah pernah dengar tentang fenomena alam “blue fire” fenomena ini hanya ada dua di dunia, dan salah satunya terletak di gunung Ijen, Malang, Jawa Timur. . Gunung berketinggian 2.443 mdpl ini juga sangat cocok untuk kamu para pendaki pemula. Di Gunung Ijen, kamu bisa bisa menyaksikan aktivitas para penambang belerang tradisional, dan di saat gelap, tepatnya pada malam serta dini hari, kamu akan merasa beruntung bisa menikmati indahnya fenomena api biru di Kawah Ijen.

Gunung Pulosari, Banten

Gunung ini merupakan gunnung yang tidak terlalu jauh dari ibu kota Jakarta dan aksesnya juga lumayan mudah.  Gunung Pulosari yang terletak di Pandeglang, Banten ini bisa jadi pilihan pendakian yang tergolong sangat ramah bagi pendaki pemula. Memiliki ketinggian 1.346 mdpl ini termasuk gunung berapi yang masih aktif. Selama perjalanan menuju puncaknya yang hanya memakan waktu kurang lebih 3 jam, kamu bisa menikmati panorama hutan dengan jenis tumbuhan yang beragam, Curug Putri, dan Kawah Ratu yang cantik. Di puncak Pulosari, kamu juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbit yang mampu menghilangkan rasa capek selama pendakian.

Itulah beberapa rekomendasi gunung yang kami rangkum untuk para pendaki pemula. Walaupun gunung-gunong diatas tidak terlalu tinggi, untuk menaklukannya anda juga memerlukan persiapan yang cukup. Yang paling utama ketika melakukan pendakian adalah ketahanan fisik. Sewa Elf Jakarta adalah sebuah penyedia jasa penyewaan mobil travel, dengan layanan antar-jemput. Dengan begitu kamu bisa menghemat tenaga selama perjalanna, kelebihan lainnya kamu bisa membawa banyak barang dan jumlah rombongan hingga 15 orang. Kunjungi segera webite kami di www.elfpariwisatajakarta.com untuk informasi lebih lanjut.