Serunya Melakukan Semi-hiking Ke Gunung Lembu – Harga Sewa Elf

Waktu liburan di akhir pekan atau tanggal merah bisa menjadi momen yang tepat untuk kamu ekspor alam. Bagi yang mencari spot menarik berupa alam indah, cobalah mendaki Gunung Lembu. Gunung di Purwakarta ini bisa menjadi salah satu wisata alam yang seru. Bagi pendaki pemula yang ingin menikmati sensasi dan keindahan Gunung Lembu, tak usah khawatir karena gunung ini tidak terlalu tinggi. Treknya pun cocok bagi pengunjung yang jarang mendaki atau bahkan belum pernah mencoba pendakian. Di gunung ini Pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan dari puncak tanpa perlu terlalu bersusah payah.

Gunung Lembu mungkin bukanlah gunung favorit di kalangan pendaki. Namun, mendaki gunung ini tak akan membuat pengunjung menyesal. Keindahan pemandangan yang ditawarkan dari puncaknya memberikan satu kenangan indah saat mengunjungi Purwakarta.Panorama ciamik dari batu besar yang dinamai Batu Lembu tak jauh dari titik puncaknya, jadi alasan pertama tempat ini wajib dikunjungi. Batu besar ini terletak persis di bibir tebing jurang yang langsung menghadap ke tengah waduk, membuat mata bisa memandang jauh landskap Jatiluhur.

Buat kamu yang tertarik untuk melakukan semi hikking di gunung Lembu ada baiknya menyimak beberapa informasi tentang Gunung Lembu berikut yang telah Harga Sewa Elf rangkum.

Mitos dan Mistis

Gunung Lembu merupakan gunung yg memiliki mitos sebagai salah satu gunung paling angker di Purwakarta. Adanya petilasan orang terdahulu yang oleh warga sekitar menamai nya petilasan “Eyang Suryakencana” menambah kisah mistis gunung ini. Di patilasan itu terdapat Makam Mbah Jongrang Kalipitung, yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Selain itu, Juga terdapat Makam Raden Surya kencana di salah satu puncak gunung ini.

Ada beberapa mitos pantangan disana, salah satu nya adalah larangan untuk bersiul. Konon yang nekat bersiul akan hilang diambil oleh dedemit gunung. Orang itu akan  tidak tahu jalan pulang dan berakhir nyasar di hutan gunung. Konon sudah 8 orang hilang karena melakukan larangan tersebut. Salah satunya adalah perempuan, yang akhirnya setelah beberapa tahun selamat dan masih hidup.

Terlepas dari mitos yang masih kental dikalangan masyarakat, tidak lain bertujuan mengingatkan kita untuk selalu menjaga sikap di setiap tempat. Dibalik itu semua, Gunung Lembu menyimpan sejuta keindahan yang akan kamu temukan.

Daya Tarik

Gunung Lembu mungkin bukanlah gunung favorit di kalangan pendaki. Namun,  panorama yang indah menjadi alasan utama wisatawan, termasuk pendaki mengunjungi Gunung Lembu. Ketika berhasil mencapai puncak, kamu bisa melihat keindahan Waduk Jatiluhur dari ketinggian dilengkapi gumpalan awan saat cuaca cerah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati pesona lanskap Kota Purwakarta, ditambah dengan Gunung Parang yang berdiri gagah di belakangnya. Pemandangan alam yang sempurna!

Kebanyakan pendaki yang mengunjungi Gunung Lembu memilih datang pagi dan pulang di sore hari (one day trip). Padahal, jika menginap di puncaknya kamu bisa mendapatkan bonus yang tak kalah menarik. Keindahan sunset dan sunrise dari pegunungan memang menakjubkan. Satu hal lagi yang menjadi kelebihan gunung ini adalah suasananya yang damai. Gunung Lembu cocok menjadi tempat untuk relaksasi atau kamu yang mencari ketenangan di tengah alam.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Sebelum melakukan pendakian, kamu wajib melapor dan mengisi buku tamu. Setiap pendaki juga diharuskan membayar retribusi sebesar Rp12.500. Selain itu, kamu harus menyiapkan uang lebih untuk bayar parkir dan makan yang memang dibutuhkan selama pendakian.

Gunung Lembu buka 24 jam, namun sebagian besar orang melakukan pendakian pada pagi hari karena lebih aman. Bagi yang ingin menyaksikan momen matahari terbit, biasanya pendaki memulai perjalanan ke puncak gunung pada malam hari atau menjelang subuh.

Fasilitas

Di pos keberangkatan, terdapat fasilitas yang cukup memadai mulai dari toilet umum, warung makan, tempat parkir, hingga musala. Beberapa fasilitas yang belum tersedia adalah aula atau tempat khusus untuk beristirahat. Jika merasa lelah akibat perjalanan jauh, kamu bisa beristirahat sejenak di warung-warung milik warga sembari menikmati aneka makanan dan minuman.

Lokasi dan Rute

Gunung Lembu terletak di Kabupaten Purwakarta. berlokasi di desa Manunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani. Dengan ketinggian puncak pada 792 mdpl, gunung ini memiliki pesona pemandangan luar biasa.

Rute Menuju Gunung Lembu

Gunung lembu bisa diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Dengan kendaraan pribadi  bisa melalui jalan tol Jakarta – Cikampek dan keluar tol Jatiluhur. Dari gerbang tol Jatiluhur ikuti arah Purwakarta – Bandung hingga pertigaan Sukatani. Kurang lebih 8 km lagi hingga sampai Base camp Gunung.

Untuk transportasi menuju lokasi ada cukup banyak pilihan dari mulai angkot, micro bus ataupun penyedia carter. Elf Jakarta Pariwisata adalah salah satu jasa penyewaan mobil travel yang cukup terkenal dan terpercaya di Jakarta. Memiliki kantor cabang yang tersebar diseluruh wilayah JABODETABEK.  Untuk kamu yang berasal dari luar daerah Purwakarta, kamu bisa mengganakan layanan mobil travel dari kami. Keuntungannya adalah selain harga sewa elf murah, kamu akan di jemput dari rumah sampai ke lokasi. Untuk detail harga dan berbagai informasi seputar layanan, silahkan kunjungi website kami di www.elfpariwisatajakarta.com.