Wisata Sejarah, Lawang Sewu | Sewa Elf Jakarta 

Bila kamu berkunjung ke Kota Semarang, pastikan tidak melewatkan bangunan bersejarah yang satu ini, Lawang Sewu. Bangunan peninggalan Belanda yang tampak megah di pusat Kota Semarang ini sangat ikonik dan terkenal di Semarang Kebanyakan orang mengetahui Lawang Sewu karena cerita-cerita mistis yang ada di sini, namun selain itu bangunan bersejarah ini juga menawarkan cerita tentang sejarah dari kereta api di Indonesia. Karena dulunya Lawang Sewu ini merupakan sebuah pusat kereta api Indonesia. Kali ini Sewa Elf Jakarta akan sedikit membahas tentang salah satu ikon wisata sejarah yang ada di tanah Jawa Tengah ini.

Mengenal lebih dekat Lawang Sewu

Dalam bahasa Jawa “Lawang Sewu” akan memiliki arti seribu pintu. Disebut seribu pintu karena bangunan ini memiliki banyak pintu yang menghubungkan setiap ruangan didalamnya.  Dulu sebelum Lawang Sewu menjadi sebuah tempat wisata, tempat ini sempat menjadi tempat berbagai bangunan pemerintah. Bahkan dulu pernah menjadi markas PT KAI yang sebelumnya digunakan sebagai kantor NIS ketika Belanda menjajah Indonesia.

Lawang Sewu Semarang merupakan salah satu objek wisata sejarah di Semarang yang menghadirkan keindahan arsitektural bangunan yang unik. Bangunan peninggalan masa lampau ini mampu menyuguhkan sebuah pemandangan yang disukai banyak kalangan, terutama para penikmat fotografi. Lebih dari sekedar itu, Menyaksikan kemegahan arsitektur klasik ini memiliki sensasi tersendiri, apalagi ketika malam hari. Meski malam, pengunjung yang datang tidaklah sedikit. Trotoar jalan tetap dipenuhi pengunjung yang duduk santai atau sekedar berfoto. Memasuki dalam gedung, sinar lampu tersorot diantara gelapnya malam.

Gedung tua ini juga menjadi saksi pertempuran antara Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) melawan penjajah Jepang. Pertempuran terjadi karena pemuda AMKA ingin mengambil alih kereta api. Setidaknya ada belasan pemuda gugur dalam pertempuran ini, dan dimakamkan tepat di halaman gedung. Namun kini jenazah para pemuda tersebut sudah dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan. Meski sudah berusia ratusan tahun, kemegahan bangunan ini masih bisa Kamu nikmati.

Rute dan Lokasi

Lawang Sewu berada di lokasi yang cukup strategis di Kota Semarang. Berada di bundaran Tugu Muda yang tidak jauh dari Kantor Balaikota Semarang dan dari pusat oleh-oleh khas Semarang. Tepatnya berada di Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Untuk menuju ke Lawang Sewu, cukup mudah. Jika kamu datang dari Bandara Ahmat Yani Semarang kamu bisa menaiki bus trans kearah Stasiun Tawang; Tapi Kamu tidak perlu sampai stasiun tawangnya, cukup berhenti dan turun di halte Pasar Bulu.

Kalau Kamu menggunakan kereta untuk ke Semarang, maka Kamu akan berhenti di stasiun Poncol atau Tawang. Setelah berhenti di salah satu stasiun tersebut, pergi ke pintu gerbang utama lalu carilah BRT koridor IV ke arah Cangkiran. Lalu turun di Balaikota dan Kamu perlu untuk berjalan kurang lebih 100 meter ke arah Selatan dari Balaikota.

Aktifvitas di Lawang Sewu

Karena Lawang Sewu merupakan museum kereta api di Semarang, di sini Kamu akan mengetahui sejarah pembuatan kereta api dari pertama kali ada sampai sekarang. Berbagai macam miniatur lokomotif dan gerbong ada di sini dan akan menambah wawasan. Selain berkeliling sambil melihat berbagai macam gerbong dan lokomotif, bangunan yang dikenal mistis ini juga menyajikan sejarah kereta api dalam bentuk video yang bisa Kamu nikmati.

Lawang Sewu memang merupakan sebuah museum dan bentuk bangunannya sangatlah klasik dan artistik. Kamu bisa memanfaatkannya untuk berfoto sebagai bentuk dokumentasi pribadimu. Sangat disayangkan kalau Kamu mengungjungi tempat bersejarah tapi tidak berfoto di sana.

Lawang Sewu Masa Kini

Dengan segala cerita kelam dan tragedi yang pernah terjadi, memang sampai saat ini Bangunan Lawang Sewu sangat terkenal keangkerannya. Bahkan di tempat ini sempat dijadikan tempat uji nyali dalam sebuah acara televisi yang diadakan oleh stasiun televisi swasta di Indonesia. Tapi walau begitu, sebagai Ikon kota Semarang, pemerintah Kota Semarang ingin menghilangkan kesan mistik gedung antik ini. Karenanya banyak event besar yang diselenggarakan di Lawang Sewu, mulai dari Fashion Show, penyuluhan, dan banyak lagi kegiatan lain demi memperlihatkan bahwa Lawang Sewu sebagai bangunan bersejarah dengan arsitektur mengagumkan daripada gedung dengan misteri yang sangat kental.

Untuk informasi seputar reservasi, layanan dan varian armada Sewa Elf Jakarta, anda bisa mengunjungi website kami di www.elfpariwisatajakarta.com.